Satya Bhuana: Musisi Muda Ubud yang Peduli Sawah Akan Luncurkan Album Perdana.

Lahir dan tinggal di daerah pariwisata Ubud, tepatnya Tegalalang. Satya Bhuana adalah salah anak muda Bali yang kesehariannya tinggal di daerah persawahan. Dengan latar belakang tentang sawah dan juga petani Satya yang hobi menyanyi ini akan meluncurkan album perdananya di Littletalks. Tim Littletalks menyempatkan untuk berbincang – bincang dengan Satya di sela- sela kesibukannya mengerjakan tugas kuliah.

Littletalks: Hey, Satya kalau boleh tahu sejaka kapan kamu jatuh cinta di dunia musik?

Satya Bhuana: Halo Littletalks, saya mengenal musik semenjak saya mengenal gitar. Saya belajar main gitar ketika itu dan akhirnya saya jatuh cinta pada gitar dan musik. Terjun di dunia musik itu adalah ketidaksengajaan, seperti titik yang terkoneksi.

Littletalks: Masih ingat gak, kapan kamu manggung untuk pertama kalinya?

Satya Bhuana: Waktu itu klo gak salah saat SMP manggung di sekolah dan SMA manggung di sekolah – sekolah. Gara – gara Komunitas Safe Subak, komunitas yang dibentuk oleh sebuah event lomba di salah satu sekolah di Ubud, pelestarian subak hingga dilombakan di Jakarta, jadi pengenlah nulis tentang padi dan sawah. Lambat laun akhirnya menemukan wadah, kayaknya bisa dilanjutin, belajar menulis lagu lalu menulis single kedua yang berjudul Kunang – Kunang yang berdasarakan pengalaman pribadi tahun 2016.

Littletalks: Lalu bagaimana proses kamu berkarya, misalnya saat menulis lagu? 

Satya Bhuana: Saat menulis lagu saya menuliskan judulnya di awal. Menulis lagu pun bukan karena tidak menjadi artis, karena ingin bicara lewat lagu. Memang ada kondisi tertentu, biasanya lah seperti alasan lainnya, ide itu bisa datang kapan pun sesuka hatinya, klo nulis itu ada ide langsung nulis. Yang paling ekstrim emang nulis waktu buat tugas kuliah di rumah teman. Duduk bengong, kemudian nulis dah..

Littletalks: Oh ya kamu tuh aktivis juga gak? Aktivis Lingkungan? 

Satya Bhuana: Nooooo! Apa definisi aktivis? Karena saya seorang pencinta, klo dibilang aktivis mungkin itu terlalu berat. Tahu apa saya tentang perlawanan.

Littletalks: Kalau saya biasanya suka bawakan lagu – lagu apa sih? 

Satya Bhuana: Klo nyambung dari album ya seputar tentang sawah, karena rumah saya diseputar sawah. Kadang juga tentang cinta, Tapi biasanya memang yang feel-nya dalam dan gak mau sekedar bilang ‘aku cinta kamu’

Littletalks: Menurut kamu sendiri, kamu ingin dilihat sebagai musisi yang bagaimana?

Satya Bhuana: Ya yang seadanya. Ya gimana seperti anak petani yang bisa main gitar. Yaaa emang apa adanya… berkesenian apa adanya, jujur, apa yang dirasakan itu yang diungkapkan.

Littletalks: Sebagai musisi yang sekarang sudah sering manggung, pernah tampil/manggug dalam keadaan terpaksa?

Satya Bhuana: Selama ini sih fine fine aja… paling terpaksa apa ya? Gak ada sieh.

Littletalks: Sekarang sekolah arsitek di Universitas Udayana, Nah nantinya lebih memilih dunia arsitek atau musik?

Satya Bhuana: Pastinya Arsitek. Karena bali butuh arsitek lokal yang mau mengangkat arsitektur Bali. Dalam dunia arsitektur juga ada muatan lokal. Aku juga mengarah ke pelestarian arsitektur bali.

Littletalks: Berarti bakal meninggalkan dunia musik?

Satya Bhuana: NO.

Littletalks: Kamu kan penyanyi solo. Jika ditawarkan menjadi sebuah band, apa nama bandnya kira – kira?

Satya Bhuana: Selama ini kan pakek pemain tambahan, klo misalnya bikin band aku masih tertarik dengan nama WAYAN & MADE. Karena dulu pernah punya project manggung gak jelas, seperti manggung di bazar,

Littletalks: Bagaimana menurutmu tentang perkembangan seni di Bali? Secara general. Naik atau urun?

Satya Bhuana: Seni di Bali sekarang itu tuh naik, tapi kesenian Bali agak sudah mulai meninggalkan akarnya, jadi banyak orang sudah mulai meninggalkan akar kesenian bali.

Jangan lupa untuk saksikan peluncuran album perdana Satya Bhuana di Littletalks, Sabtu, 29 Desember mulai jam 7 malam! Dan bantu dia untuk melindungi sawah dan pelestarian lingkungan baik lewat musik atau dunia arsitektur.

satya square copy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s